WEDANG UWUH

WEDANG UWUH

wedang uwuh
wedang uwuh

Munculnya berita bahwa di Indonesia sudah ada 2 orang yang terkena virus corona membuat gempar penduduk Indonesia. Dalam sekejab hand sanitizer langsung yang ada di toko- toko langsung habis di beli. Pemerintah sendiri sudah menghimbau agar kita semua jangan panik namun harus tetap selalu menjaga kebersihan, pola hidup sehat dan tentunya tetap berdoa.

Gejala orang yang terkena virus corona biasanya mengalami demam, batuk, sakit tenggorokan, merasa tidak enak badan, dan napas pendek. Beberapa virus corona dapat menyebabkan gejala yang lebih parah. Infeksinya dapat berubah menjadi bronkitis dan pneumonia yang menyebabkan gejala seperti:

demam
demam
  1. Demam yang mungkin cukup tinggi
  2. Batuk dengan lendir
  3. Sesak nafas
  4. Nyeri dada atau sesak saat bernafas dan batuk

Kita di himbau untuk jangan lupa untuk selalu cuci tangan apalgi setelah beraktifitas di luar rumah. Jika sakit dianjurkan untuk menggunakan masker dan jangan keluar rumah dulu.

Pencegahan lainnya agar tidak terkena virus corona adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat menjaga imun kita tetap bagus. Salah satu contohnya adalah dengan mengkonsumsi rempah- rempah karena rempah- rempah di percaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Nah mencuatnya kabar virus corona sudah masuk Indonesia ini menjadikan salah satu minuman khas yogyakarta banyak di buru oleh orang- orang. Nama minuman khas Yogyakarta ini adalah wrdhang uwuh. Apa keistimewaan wedhang uwuh sehingga banyak diburu orang- orang saat mencuatnya kabar virus corona sudah masuk di Indonesia?

Jadi wedang uwuh ini adalah minuman yang  diracik dari beragam herbal berkhasiat obat. Wedang uwuh ini merupakan sebuah minuman unik yang menyehatkan. Dalam bahasa Jawa arti wedhang adalah minuman dan uwuh artinya adalah sampah. Minuman ini dinamakan demikian karena bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dengan mengkonsumsi wedang uwuh ini akan memberikan banyak manfaat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh kita.

Berikut bahan herbal yang terdapat dalam wedhang uwuh

1. Jahe

jahe
Jahe

Jahe memiliki sifat antikoagulan yang berfungsi dapat mencegah penggumpalan darah. Selain itu jahe juga mengandung antioksidan yang berguna untuk mengatasi radikal bebas dan kaya akan minyak asiri yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi jantung. Kandungan mineral lain dalam jahe juga dapat memperkuat otot usus dan merangsang selaput lendir perut besar sehingga menguatkan lambung dan dapat memperbaiki dan melancarkan pencernaan.]

2. Kasyu Secang

kayu secang
Kayu Secang

Jika kalian sudah pernah mencoba minum wedang uwuh, wran merah dalam wedhang uwuh itu berasal dari kayu secang. Kayu secang  memiliki sifat antioksidan, antikanker, menlancarkan peredaran darah, dan melegakan pernapasan.

3. Daun dan Buah Pala

daun dan buah pala
Daun dan Buah Pala

Pala kaya akan kandungan kimia seperti saponin, palifenol, dan flavonid. Zat ini ampuh dalam mengatasi insomnia, batuh berlendir, masuk angin, mengobati kejang otot, dan meradang nyeri. Pala ini juga bersifat antimetik yaitu mengatasu rasa mual, stomakik (melancarakan pencernaan), dan karminatif ( melancarkan buang angin). Tanaman ini juga baik untuk mengatasi rematik, melancarkan sirkulasi darah, dan meredakan nyeri haid.

4. Cengkeh

Cengkeh
Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat kimiawi yang hangat, bersifat aromatik, dan rasanya tajam. Herbal ini juga mempunyai efek farmakologis sebagai antiseptik, perangsang (stimulan), anestetik lokal, menghilangkan kolik, dan peluruh kentut (icarminative).

Di dunia medis, minyak cengkeh dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi. Bunga cengkeh (Syzygium aromaticum) kaya minyak atsiri, asam galotanat, asam oleanolat, karyofilin, eugenol, fenilin, resin, dan gom. Cengkeh ampuh untuk mengobati rematik, radang lambung, sinusitis, campak, sakit gigi, batuk, sakit kepala, kembung, mual dan muntah, masuk angin, dan terlambat haid.

5. Kapulaga

Kapulaga
Kapulaga

Kapulaga juga kaya dengan kandungan protein, gula, lemak, minyak atsiri, sineol, terpineol,karvona, dan mineral penting lainnya. Kanddungan ini ampuh sebagai obat batuk maupun untuk mencegah pengeroposan tulang.

6. Akar dan Daun Sereh

akar dan daun sereh
akar dan daun sereh

Akar sereh berkhasiat sebagai obat batuk, peluruh dahak, bahan kumur, peluruh air seni, peluruh keringat, dan menghangatkan badan. Begitupun daun  sereh yang berkhasiat meredakan kejang, penurun panas, dan menambah nafsu makan.

Nah sekarang sudah tahu kan apa itu wedhang uwuh dan manfaat dari bahan- bahan yang terdapat di wedhang uwuh tersebut. Semoga bermanfaat…. jangan lupa selalu cuci tangan jaga kebersihan dan makan dan minuman yang sehat 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *