PRP

PRP

PRP
PRP merupakan kepanjangan dari platelet-rich plasma atau Plasma darah kaya trombosit.

PRP merupakan kepanjangan dari platelet-rich plasma atau Plasma darah kaya trombosit. Mungkin untuk beberapa orang istilah PRP masih asing bagi mereka.Jadi apa itu PRP? PRP adalah plasma yang telah diperkaya dengan trombosit. Salah satu kelebihan yang dimiliki PRP adalah kemampuannya dalam merangsang penyembuhan tulang dan jaringan lunak.Selain sudah dipraktikkan pada kasus cedera. Pengobatan dengan plasma darah kaya trombosit sangat unik karena darah yang digunakan berasal dari pasien itu sendiri. Trombosit adalah bagian dari darah yang berperan dalam mekanisme pembekuan darah. Selain penting untuk pembekuan darah, trombosit mengandung ratusan protein yang disebut sebagai faktor pertumbuhan. Faktor inilah yang memiliki peranan amat penting bagi proses penyembuhan luka. Dengan menambahkan konsentrasi trombosit lebih dari biasanya diharapkan proses penyembuhan akan lebih cepat. Dalam PRP, kandungan trombosit bisa mencapai 5-10 kali lipat dari konsentrasi normal. Begitu pula dengan konsentrasi faktor pertumbuhan.

Seiring dengan kemajuan teknologi kini PRP juga telah diaplikasikan dalam dunia kecantikan. Tampil menarik dan meiliki kulit yang sehat terlihat awet muda sudah pasti menjadi dambaan bagi hampir semua orang.

Namun bertambahnya usia, paparan sinar matahari, serta polusi yang berlangsung terus-menerus dapat membuat wajah keriput dan muncul bercak kecokelatan serta vlek. Hal itu tentu mengurangi kecantikan kita. Untuk mendapatkan kulit yang kencang dan awet muda, banyak orang yang rela melakukan cara apapun dan biaya berapapun. Dari mulai menggunakan aneka skin care hingga mencoba perawatan di salon kecantikan. Kini ada yang sudah melakukan treatment yang agak unik dan berbeda. Perawatan ini memanfaatkan plasma darah yang dapat merangsang serta menstimulasi sel baru pada kulit wajah. Perawatan ini biasa disebut Platelet Rich Plasma atau PRP.

Treatment PRP ini sering disebut sebagai ‘Vampire Treatment’ karena treatmentnya menggunakan darah, tetapi darah yang digunakan adalah diri kita sendiri. Trearment PRP ini diklaim dapat membantu berbagai permasalahan kecantikan. Sama dengan yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa PRP yang diaplikasikan untuk kecantikan ini juga akan mengambil Sedikit darah pasien, kemudian darah tersebut akan diproses secara medis untuk mendapatkan Platelet Rich Plasma (PRP). PRP adalah plasma darah yang telah diperkaya oleh trombosit. Trombosit dalam darah memiliki peranan penting yang dapat mengobati dan memperbaiki kondisi beberapa jaringan dalam tubuh kita. Kandungan trombosit dalam PRP bisa mencapai 5-10 kali lipat dari konsentrasi normal. Dengan menambahkan konsentrasi trombosit lewat proses medis, hal ini diharapkan bisa membuat proses perbaikan jaringan menjadi lebih cepat. Walaupun treatment ini menggunakan darah namun proses dalam treatment ini steril dan rapi jadi kita tidak perlu takut karena sudah sesuai dengan SOP standar medisnya.

Sebelum treatment dimulai, pasien akan diberi bius lokal di area perawatan akan dilakukan. Setelah itu, darah pasien akan diambil dan diproses medis dengan alat khusus secara steril. Barulah plasma darah yang telah diproses akan diaplikasikan pada area perawatan menggunakan dermaroller atau penyuntikkan.

Fungsi utama dari treatment PRP untuk kecantikan adalah dapat meremajakan kulit secara alami. Trombosit dalam plasma darah dapat merangsang tumbuhnya jaringan kolagen pada kulit sehingga terjadi regenerasi sel-sel kulit baru. Perawatan ini juga bisa dilakukan untuk menambah volume atau mengurangi garis-garis halus di wajah. Perawatan ini tentunya berbeda dengan penggunaan filler yang menggunakan bahan sintetis. Treatment PRP sifatnya alami karena dilakukan dengan cara memicu pembentukan kolagen dan pertumbuhan sel-sel kulit baru menggunakan trombosit. Selain peremajaan kulit, trombosit dalam PRP juga bisa digunakan untuk menyembuhkan bekas luka, menghilangkan bekas jerawat dan bopeng serta menghilangkangaris-garis stretchmark. Bagi Anda yang memiliki masalah kerontokan rambut, perawatan PRP juga bahkan bisa dilakukan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.

Perawatan  sebenarnya lebih aman jika dibandingkan kalau kita harus operasi plastik yang menggunakan bahan sintesis. Sejauh ini pun, perawatan PRP tidak menyebabkan reaksi alergi, penolakan, atau pun infeksi pada tubuh pasiennya karena bahan utamanya yang berupa darah kita sendiri. Sehingga resiko infeksi penyakit menular dari perawatan PRP ini pun kecil selama menggunakan alat dan proses yang steril dan sesuai dengan prosedurnya. Di  Indonesia sendiri perwatan PRP ini sudah ada banyak di klinik kecantikan. Oang- orang yang malakukan perawatan PRP inipun juga sudah cukup banyak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *