LIPSTIK BERBAHAYA

LIPSTIK BERBAHAYA

lipstik
ciri ciri lipstik bebrbahaya

Untuk kita para wanita, rasanya aneh banget tanpa pakai lipstik. Penah nggak, pas lagi jalan terus lupas gak pake lisptik? Pasti keliatan ada yang kurang ya…belum lagi pasti suka di bilang, kok pucet? Lagi sakit ya? Padahal Cuma karena gak pake lipstik aja hahaha…

Lipstik nerupakan salah satu produk kosmetik yang menunjang penampilan seseorang, lipstik selalu menjadi item favorit hampir semua perempuan tua maupun muda. Bagi kaum wanita, lipstik merupakan salah satu jenis kosmetik yang wajib dimiliki. Lipstik mampu memberikan nuansa yang berbeda pada tampilan bibir yang akan membuat penampilan kita terlihat cantik dan menarik. Lipstik tidak dapat dipisahkan dari keseharian kaum wanita. Bahkan lisptik cenderung menjadi alat kosmetik yang wajib dibawa kemanapun mereka pergi.

Perkembangan industri kosmetik juga mempengaruhi perkembangan lipstik sendiri. Dari yang beberapa tahun lalu trend lipstik Glossy menjadi trend dengan nuansa warna yang mencolok, berbeda dengan beberapa tahun belakangan ini trend lipstik Matte menjadi hits di kalangan wanita.

Memiliki banyak pilihan yang beragam dari warna hingga kemasan, lipstik pun memiliki banyak manfaat tak hanya sebagai pulasan bibir saja. Lipstik juga yang mampu merubah penampilan seseorang menjadi terlihat lebih segar dan hidup, tentu saja sesuai dengan warna yang menjadi pilihannya. 

Sebagai kaum hawa, melihat warna dan kemasan lipstik yang lucu menjadikan kita khilaf. Rasanya semuanya ingin di beli. Tetapi, saat memilih produk lipstik kita tidak boleh hanya tertarik oleh warna dan kemasannya saja, tetapi harus mencari tahu juga tingkat keamanannya agar tak salah pilih produk yang dapat merusak bibir. Hal tersebut dikarenakan masih banyak perempuan yang masih kurang tahu akan hal ini. Berikut beberapa ciri-ciri lipstik berbahaya untuk kesehatan kita:

1.Tidak Terdaftar Di BPPOM

BPOM merupakan badan yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan termasuk juga konsmetik didalamnya. Sebelum dipasarkan, sebuah produk harus melewati perizinan untuk mendapatkan sertifikat dari BPOM. Dipastikan bahwa ketika sebuah produk telah mendapatkan sertifikasi dari BPOM maka produk tersebut telah aman untuk di konsumsi dan digunakan. Kita perlu waspada jika hendak membeli lipstik, pastikan bahwa produk anda telah memiliki sertifikat dari BPOM karena produk kosmetik atau skincare haruslah memiliki sertifikat BPOM yang menandakan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan jika sudah lulus uji. Oleh sebab itu jika kamu menemukan produk lipstik yang tidak bersertifikasi BPOM, maka kita harus waspada karena bisa jadi produk tersebut merupakan lipstik yang berbahaya.

2. Memiliki Aroma Yang Sangat Menyengat

Pentingnya untuk mencoba atau mencium terlebih dahulu produk lipstik yang hendak dibeli agar bisa mengetahui ciri-ciri lipstik yang berbahaya. Salah satu indikasi jika lipstik tersebut berbahaya bisa di cium dari aromanya. Biasanya lipstik yang tinggi tingkat keamanannya memiliki aroma yang lembut dan tidak menyengat, sebaliknya jika  memiliki lipstik tersebut memiliki aroma yang kuat dan tajam bisa jadi lipstik tersebut berbahaya.

Dalam hal ini kita harus cukup sensitif untuk membedakan bau yang menyengat antara lipstik berbahaya dan tidak. Pada dasarnya lipstik yang aman relatif tidak berbau, dan jika ada bau maka bau yang di timbulkan relatif lebih soft atau lembut. Sebaliknya lipstik berbahaya cenderung memiliki bau yang menyegat, hal ini bisa disebabkan oleh adanya kandungan  bahan atau zat berbahaya didalam lipstik.

Selain aroma yang teralalu menyengat, warna yang terlalu mencolok juga bisa jadi salah satu indikasi lipstik tesbut berbahaya. Pilihan warna lipstik sangat beragam, dari mulai warna yang terang hingga gelap. Tetapi, semakin kontras warna lipstik yang hendak kamu beli, berarti semakin jelas bahwa itu merupakan salah satu ciri-ciri lipstik yang berbahaya. Karena warna yang terlalu kontras itu memanfaatkan pewarna buatan yang cukup berbahaya dan jarang sekali aman saat digunakan pada bibir. Warna lipstik yang mencolok tentu akan sangat menarik perhatian. Namun, jika diperhatikan lebih seksama merek lipstik ternama sangat jarang mengeluarkan varian warna yang mencolok. Mereka lebih dominan kepada warna yang lebih lembut dan tidak terlalu cerah. Tentunya hal ini dapat menjadi sebuah patokan  bagi kita semua. Lipstik yang mengandung bahan berbahaya cenderung di buat dengan warna yang mencolok. Selain untuk menarik perhatian hal ini juga merupakan cara untuk menyamarkan pengunaan bahan berbahaya dalam komposisi bahan lisptik.

3. Menimbulkan Iritasi Pada Kulit

Sensasi  lain yang dapat di timbulkan oleh pemakaian lipstik berbahaya, yaitu kulit bibir akan terasa lebih tebal dan gatal. Berbeda dengan lipstik yang aman digunakan cenderung memberikan tekstur yang ringan saat di pakai. Sebaliknya lipstik yang berbahaya jika digunakan akan membuat bibir terasa lebih tebal dan berat serta terkadang menimbulkan sensasi yang gatal. Jika anda merasakan gejala yang demikian, maka sebaiknya hentikan pemakain dan segera ganti merek lipstik yang anda gunakan.

Ciri-ciri lipstik berbahaya yang satu ini biasanya akan muncul ketika kamu sudah menggunakan lipstik yang kamu beli dan jika reaksi pada bibirmu terasa gatal, berarti di samping kamu tak cocok dengan produk tersebut, bisa jadi bahwa produk yang kamu gunakan tak memiliki kandungan bahan yang ramah di kulit bibir.

lipstik
Ciri ciri lipstik berbahaya

4. Dijual Dengan Harga Yang Relatif Murah

Produsen yang menjual lipstik berbahaya dan abal-abal yaitu dengan cara menawarkan harga yang relatif murah. Tentunya bandrol harga ini patut menjadi kecurigaan bagi kita. Lipstik yang dijual dengan harga mahal saja belum tentu aman, apalagi yang dijuak dengan harga murah. Tentunya sebagai konsumen kita harus bijaksana dan jangan sampai tergiur oleh harga murah ini. Jangan sampai hanya gara-gara lipstik berharga 5-10 ribuan akibatnya akan fatal bagi kesehatan anda dikemudian hari.

Jika menemukan produk lipstik yang dibandrol dengan harga yang cukup murah, sebaiknya kita harus mencermatinya dan langsung membelinya. Ini penting di lakukan untuk mencari tahu kandungan yang terdapat pada lipstik tersebut karena harga produk yang sangat murah haruslah dicurigai sebagai ciri-ciri lipstik yang berbahaya.

5. Terlalu Awet dan Tahan Lama Saat Di Pakai

Kebanyakan perempuan pasti menyukai lipstik yang awet dan tahan lama saat dipakai. Hal ini dikarenakan agar tidak perlu retouch lipstik berulang-ulang kali dalam sehari. Namun, perhatikan juga bahwa lipstik yang terlalu awet dan tahan lama bisa menjadi indikasi adanya bahan berbahaya yang di gunakan. Secara normal lisptik akan menempel di bibir 5-6 jam. Jika lebih lama dari itu, lipstik anda tetap awet meskipun telah dipakai dalam berbagai aktivitas. Maka sepatutnya anda wajib mewaspadainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *