pengertian lotion

LOTION

LOTION

Lotion merupakan sediaan kosmetik yang mengandung air lebih banyak, bermanfaat untuk membuat kulit lembut dan sehat

Lotion merupakan sediaan kosmetika golongan emolien (pelembut) yang mengandung air lebih banyak. Sediaan ini memiliki beberapa sifat seperti sebagai sumber lembab bagi kulit, memberi lapisan minyak yang hampir sama dengan sebum, membuat tangan dan badan menjadi lembut, tetapi tidak berasa berminyak dan mudah dioleskan.

Menurut  FI III lotion adalah sediaan cair berupa suspensi atau dispersi,digunakan sebagai obat luar. Dapat berbentuk suspensi zat padat dalambentuk sebuk halus dengan bahan pensuspensiyang cocok atau emulsitipe minyak dalam air (o/w atau m/a) dengan surfaktan yang cocok.

Menurut The British Pharmaceutical Codex lotion adalah persiapan cairditujukan untuk aplikasi ke kulit, atau menggunakan bulu sebagai mencuciuntuk irigasi aural, hidung, mata, lisan, atau uretra. Mereka biasanyamengandung zat kimia tertentu dalam suspensi atau larutan di dalamkendaraan (pembawa) air.

Lotion bermanfaat untuk menjaga kulit agar terbebas dari kulit kering dan pecah-pecah, kulit kusam, dan membantu kulit supaya terjaga kelembapannya. Dengan  menggunakan lotion membuat kulit akan terlihat lebih bersinar, sehat, terhidrasi, dan terlindung dari paparan sinar matahari (UVA dan UVB) yang dapat membahayakan kulit. Menggunakan lotion juga dapat mencegahkan kulit dari flek hitam serta mengencangkan kulit sehingga tidak bersisik dan bisa membuat kulit tampak lebih muda.

Namun, sayangnya tidak semua lotion  menggunakan bahan-bahan alami. Banyak pelembap dan kosmetik yang beredar ternyata tidak terdaftar di BPOM dan di dalamnya terdapat merkuri serta bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh kita. Untuk pembelian lotion sebaiknya kita harus memeriksa terlebih dahulu produk kecantikan tersebut sduah terdaftar BPOM atau belum, perhatikan juga apakah bahan- bahan yang digunakan pada produk tesebut aman atau tidak, serta sesuaikan juga dengan jenis kulit kita.

Lotion dapat diaplikasikan ke kulit dengan kandungan obat/agen yang berfungsi sebagai antibiotik, antiseptik, anti jamur (anti fungi), kortikosteroi, anti- jerawat, menenangkan, smoothing (pelembut), pelembab atau agen pelindung(seperti calamine ), pijat, memperbaiki kulit (estetika).

Sediaan lotion tediri atas komponen zat berlemak, air, zat pengemulsi dan humektan. Komponen zat berlemak diperoleh dari lemak maupun minyak dari tanaman, hewan maupun minyak mineral seperti minyak zaitun, minyak jojoba, minyak parafin, lilin lebah dan sebagainya. Zat pengemulsi umumnya berupa surfaktan anionik, kationik maupun nonionik.

Faktor penting dalam pembuatan lotion yang harus diperhatikan adalah fungsi dari lotion yang dlinginkan untuk dikembangkan. Fungsi dari lotion adalah untuk mempertahankan kelembaban kulit, melembutkan dan membersihkan, mencegah kehilangan air, dan mempertahankan bahan aktif (Setyaningsih, dkk., 2007). Lotion juga dipakai untuk menyejukkan, mengeringkan, anti pruritik dan efek protektif dalam pengobatan dermatosis akut. Sebaiknya tidak digunakan pada luka yang berair sebab akan terjadi cakingdan runtuhan kulit serta bakteri dapat tetap tinggal di bawah lotion yang menjadi cake (Anief, 1984). Komponen-komponen yang menyusun lotion adalah pelembab, pengemulsi, bahan pengisi, pembersih, bahan aktif, pelarut, pewangi, dan pengawet (Setyaningsih, dkk., 2007).

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk lotion yang kita pakai, kita harus mengetahui cara penggunaan lotion yang benar. Cara yang dapat dilakukan dalam penggunaan lotion di kulit adalah:

1. Membersihkan tubuh terlebih dahulu sebelum digunakan

Untuk hasil yang maksimal, kita harus membersihkan tubuh terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lotion ke tubuh. Hal ini dilakukan agar kulit terasa lebih lembab. Sebaiknya kita menggunakan lotion sesaat setelah  mandi.

2. Perhatikan Kondisi Kulit

Jenis kulit kita berbeda- beda sehingga kita harus menggunakan lotion sesuai dengan jenis kulit yang kita miliki. Selain itu, jika memiliki kondisi kulit tertentu, sebelum menggunakan lotion pastikan bahwa produk tersebut aman untuk kulit kita.

3. Gunakan Berulang-ulang

Menggunkan lotion secara berulang- ulang secara berkala  akan menghasilkan hasil yang lebih baik. Penggunaan lotion secara rutin akan membuat kulit tetap terjaga sekaligus lebih sehat.

Untuk kalian yang ingin membuat lotion yang aman dan memiliki legalitas serta menggunakan brand sendiri, PT Belle Amanah Sejahtera siap membantu kalian untuk mewujudkannya menjadi nyata.

PT. Belle Amanah Sejahtera (BAS) mempersiapkan segala keperluan produksi kosmetik Anda, mulai dari desain produk, bahan baku, packaging, legalitas produk kosmetik (BPOM), dan tim pemasaran yang handal di bidang kosmetik.

Jika anda tertatrik untuk menggunakan jasa maklon kosmetik PT. Belle Amanah Sejahtera (BAS), anda bisa menghubungi ke www.maklonkosmetikmurah.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *