KOJIC ACID

KOJIC ACID

KOJIC ACID
KOJIC ACID

Ada yang pernah melihat sabun yang di kemasannya tertulis kojic acid? Biasanya sabun yang mengandung kojic acid mengklaim bahwa sabun tersebut dapat membuat kulit kita putih dan cerah. Benarkah kojic acid bisa membuat kulit putih dan cerah? Lalu bahaya nggak sih kojic acid itu?

Kojic acid adalah bahan yang terkandung dalam jamur di temukan di Jepang pada tahun 1907. Pemberian nama Kojic Acid diambil dari istilah orang Jepang yaitu koji yang berarti nasi putih. Sebelumnya kojic acid  hanya proses fermentasi produksi sake, kecap, dan anggur beras hinga pada akhrinya di manfaatkan untuk produk kecantikan. Kojic acid sudah digunakan secara luas pada produk kosmetik dan perawatan kulit. Bahan tersebut dibuat sebagai zat untuk memutihkan dan mencerahkan kulit.

Fungsi kojic acid yaitu untuk menghambat dan mencegah pembentukan tirosin, asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin.  Melanin adalah pigmen yang berperan dalam penggelapan warna kulit. Dalam hal ini kojic acid memiliki fungsi dapat menghambat Tirosin sehingga dapat menghambat produksi melanin. Kojic acid sangat bermanfaat bagi yang ingin memerangi bintik hitam dan kulit kusam. Kojic acid sering disebut bahan ajaib yang ada pada produk krim dan serum untuk mencerahkan kulit.

Kojic Acid merupakan bahan utama dalam beberapa produk seperti krim, gel, dan serum yang dapat mencerahkan kulit. Kosmetik dengan kandungan 1 persen asam kojic dianggap aman untuk digunakan. Namun yang perlu di ingat adalah kondisi kulit setiap orang itu berbeda- beda. Krim dengan kandungan kojic acid bisa saja tidak cocok dengan bebera[a orang. Biasanya ditandai dengan kulit gatal, iritasi, memerah, beruam, bengkak, dan terasa sakit. Jika hal tersebut terjadi pada kamu, maka hentikan pemakaian dan segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit atau ahli dermatologi.

Selain untuk mencerahkan kulit, berikut beberapa manfaat Kojic Acid:

1. Anti Penuaan

Mencegah Penuaan Dini pada Kulit
Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Kojic acid dapat memperbaiki kerusakan kulit seperti kulit kusam dan keriput akibat sinar matahari dan radikal bebas. Selain itu, kojic acid bekerja sekaligus untuk menyamarkan bintik-bintik penuaan atau bekas luka. Kemampuan asam kojic tidak hanya memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari, tetapi juga dapat mengurangi keriput dan tanda- tanda penuaan yang akan dialami seiring bertambahnya usia. Kojic Acid akan menghambat tyrosinase yang dapat memproduksi melanin dan proses penuaan pada kulit anda.

2. Antibakteri

anti bakteri

Kojic Acid memiliki sifat antibakteri yang sangat efektif pada beberapa jenis bakteri dan dapat menghambat perkembangan bakteri bahkan ketika digunakan dalam penggunaan sedikit.

3. Antijamur

anti jamur

Kojic acid memiliki sifat antijamur yaitu memiliki efek yang dapat menghambat jamur tertentu dan sangat membantu dalam mengobati infeksi yang diakibatkan oleh jamur.

4. Mengurangi hiperpigmentasi

Mengurangi hiperpigmentasi

Terkena paparan sinar matahari yang berlebihan saat beraktifitas di luar ruangan dapat berdampak buruk dan dapat menyebabkan hiperpigmentasi, bintik- bintik hitam pada kulitmu. Menggunakan skincare yang berbahan asam kojic secra teratur akan mengurangi pada bekas jerawat, bercak-bercak akibat penuaan, bintik-bintik, lingkaran gelap di bawah mata, dan noda hitam sehingga memberikan efek kulit lebih cerah merata pada kulitmu.

Produk kosmetik entah itu yang menggunakan produk berbahan asam kojic atau tidak, kamu harus selalu memperhatikan label yang menunjuka tujuan, masa penggunaan, dan baha- bahan yang terkandung di dalamnya. Disarankan untuk memilih produk yang pada labelnya tertulis hypoallergenic, non-comedogenic (tidak menimbulkan komedo ), dan non-photo toxic (tidak beracun). Selain itu lihat juga sudah terdaftar di BPPOM atau belum.

Setiap  produk kecantikan memiliki reaksi berbeda pada setiap orang, termasuk penggunaan produk yang berbahan asam kojic. Namun, biasanya diperlukan waktu 2-6 minggu untuk melihat efeknya di kulit kamu.Jika kamu ingin menggunakan produk yang mengandung asam kojic untuk merawat kondisi kulit kamu yang bermasalah, sebaiknya untuk mengonsultasikan pada dokter terlebih dahulu. Dokter dapat memberikanmu informasi tentang dosis dan perawatan yang menyertainya agar efek yang dihasilkan lebih maksimal.

konsultasi ke dokter kulit

Sebelum  kamu mencoba produk yang mengandung Kojic Acid, terutama penggunaan pada wajah, oleskan dulu di tangan atau belakang telinga dan diamkan kurang lebih selama 15 menit. Jika terjadi efek yang tidak menyenangkan seperti gatal atau kemerahan, tandanya kulit Anda tidak cocok dengan produk tersebut. Jika tidak terjadi efek apapun pada kulit, kamu bisa melanjutkan pemakaian jika tidak menghasilkan reaksi negatif apapun. Hentikan pemakaian jika kamu mengalami kemerahan, ruam, iritasi, atau nyeri. Untuk menenangkan iritasi segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penangan terbaik.

Jika kalian tertarik ingin membuat produk kosmetik menggunakan berbahan kojic acid yang sesuai dengan keinginan kalian dan menggunakan brand kalian sendiri, kami punya solusinya. serahkan semua yang kalian butuhkan di PT Belle Amanah Sejahtera. PT Belle Amanah Sejahtera adalah industri kosmetik tipe A yang berfokus pada pembuatan segala jenis kosmetik.

your brand

Jangan khawatir, PT Belle Amanah Sejahtera ini sudah mengantongi perijinan mulai dari BPOM, HAKI, MUI dll jadi di jamin aman karena sudah terstadar sesuai dengan CPKB yang di atur oleh UU.

Berminat ingin membuat produk kecantikamu sendiri?

contact person:

kosmetikbelle@gmail.com

www.maklonkosmetikmurah.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *