JENIS-JENIS SABUN

JENIS-JENIS SABUN

jenis-jenis sabun
jenis-jenis sabun

Pengertian sabun adalah garam natrium dan kalium dari asam lemak yang berasal dari minyak nabati atau hewani.Sabun digunakan sebagai pembersih dapat berwujud padat ( keras ),lunak dan cair,karena adanya rantai hidrokarbon,sebuah molekul sabun secara keseluruhkan tidaklah benar-benar larut dalam air. Jika diterapkan pada suatu permukaan,air bersabun secara efektif dapat mengikat partikel dalam suspensi yang mudah di bawa air bersih.Di zaman yang semakin maju saat ini terdapat berbagai macam bentuk sabun,masing-masing tentunya juga mempunyai keuntungan tersendiri dalam setiap pemakaianya. Pada umumnya masyarakat mengenal sabun keras (hard soap) dan sabun lunak (soft soap) dan bentuk di antara keduanya. Tingkat keras dan lunaknya sabun dapat diatur dengan menambahkan bahan kimia yang berfungsi untuk mengeraskan sabun (hardening agent).

Berikut adalah jenis sabun berdasarkan clarity atau kejernihan sabun :

Sabun transparan

sabun transparant

Pengertian sabun transparan adalah jenis sabun yang memiliki kejernihan tinggi. Bisa dikatakan jenis sabun ini bisa tembus cahaya dengan mudah.Untuk mengetahui tingkat kejernihan sabun transparan adalah meletakkan sabun di atas tulisan (koran atau majalah) dan membaca tulisan di balik sabun tersebut. Hal ini berguna untuk mengatur tingkat ketebalan sabun yang optimal saat akan dijual.

Sabun translucent

Jenis sabun translusen ini bisa disebut juga dengan sabun semi transparan.Jika dilihat sabun ini tidak sebening sabun transparan tapi masih lebih jernih dibandingkan dengan sabun opaque.

Sabun opaque

 Sabun opaque adalah jenis sabun batang (mandi) yang paling sering dijumpai.Berbagai jenis merek sabun tidak tembus cahaya ini banyak tersedia di pasaran,sehingga mudah untuk di jumpai oleh kalangan orang.

Selain penjelasan di atas,jenis sabun juga bisa dibedakan berdasarkan fungsi bahan di dalamnya,yaitu :

Sabun alami (natural soap)

Sabun alami adalah sabun yang bagian terbesarnya berupa bahan alami.Namun,jika reaksi saponifikasi digunakan maka pasti menggunakan bahan kimia alkali seperti NaOH atau KOH.Hanya saja proporsinya yang dibuat lebih kecil sehingga bisa diklaim sebagai sabun alami.

Sabun scrub

Scrub yang memiliki tekstur kasar bisa dimasukkan dalam pembuatan sabun mandi.Dengan sabun yang mengandung scrub, maka pengelupasan sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada saat mandi menjadi lebih mudah.Sebaiknya anda jangan terlalu sering menggunakan scrub karena dapat mengakibatkan kulit menjadi kering.

Sabun jerawat (Acne soap)

Sesuai dengan namanya, sabun jerawat dibuat dengan kandungan bahan aktif yang dapat menetralisir timbulnya jerawat.Sabun transparan yang kaya akan alkohol dan gliserin dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat di wajah yang mengganggu penampilan anda dalam melakukan kegiatan atau aktifitas sehari-hari.

Sabun busa (foam soap)

sabun busa

Jika anda sering berendam untuk relaksasi, maka anda memerlukan sabun busa.Sabun jenis ini diperkaya dengan foam agent di dalam formulanya sehingga pada saat diaplikasikan/digunakan akan membentuk busa yang banyak.

Jenis sabun berdasarkan wujud fisiknya juga terdiri dari beberapa macam,diantaranya :

Sabun batang

Pada umumnya sabun batang bisa disebut juga dengan sebut padat.Orang-orang biasanya lebih banyak mengunakan jenis sabun batang ini untuk mandi sehari-hari.Sabun batang dihasilkan oleh reaksi penyabunan antara minyak dan NaOH.

Sabun cair

sabun cair

Sabun cair adalah jenis sabun yang dihasilkan dari reaksi saponifikasi antara minyak dan KOH. Sabun cair lebih banyak dijumpai di area publik seperti rumah sakit,rumah makan atau restoran, kafe, dan perkantoran.Pada saat ini,beberapa perusahaan memproduksi sabun cair dengan berbagai macam wewangian dan warna,dengan tujuan agar lebih menarik minat para pembeli untuk menggunakanya.

Krim dan Gel

Biasanya sabun berbentuk krim atau gel digunakan untuk mencuci peralatan dapur. Masyarakat mengenalnya sebagai sabun colek untuk mencuci pakaian.Teksturnya berupa pasta kental. Perkembangan jenis sabun di zaman sekarang telah menjadikan sabun ini tidak populer untuk membersihkan kulit wajah.

Serbuk

Sabun berbentuk serbuk sebenarnya merupakan varian dari jenis sabun padat. Hanya saja ukurannya lebih kecil.Masyarakat mengenal jenis sabun ini sebagai deterjen.Kandungan bahan aktif permukaan dalam deterjen menjadikan jenis sabun ini banyak digunakan untuk mencuci pakaian. Kandungan asam benzene sulfonat (ABS) merupakan adalah salah satu bahan baku/dasar untuk membuat deterjen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *