CARA MEMILIH FACIAL WASH YANG TEPAT

CARA MEMILIH FACIAL WASH YANG TEPAT

Facial wash atau sabun cuci muka merupakan sediaan kosmetik untuk membersihkan kotoran dari kulit wajah. Kulit wajah yang cenderung sensitif sehingga memerlukan sabun khusus untuk membersihkan wajah oleh karena itu diperlukannya facial wash atau sabun cuci muka. Facial wash ini merupakan rangkaian skincare yang wajib kalian punya untuk membersihkan wajah dari kosmetik, noda, kotoran dan debu yang menempel di kulit wajah secara menyeluruh.

Kita semua pastinya harus memperhatikan kesehatan kulitnya agar selalu tampil segar dan tidak kusam. Apalagi jika kalian memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, masalah kulit mudah sekali muncul. Salah satu cara untuk merawat wajah adalah dengan secara teratur mencuci wajah setiap pagi maupun malam hari.

Banyak orang yang mengira jika facial wash yang baik adalah facial wash yang jika habis di pakai terarasa kesat di wajah. Namun jika kalian salah memilih facial wash bisa menyebabkan masalah kulit. Jadi, kalian harus mengetahui bagaimana cara memilih facial wash yang tepat untuk menghindari masalah kulit wajah yang timbul di kulit wajah kalian.

Dalam memilih facial washtentu tidak bisa sembarangan karena di pasaran ada begitu banyak jenisnya yang bisa kalian pilih berdasarkan jenis dan kondisi kulit Anda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih facial wash yang aman, berikut ini informasinya.  

1. Pilih Produk Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit

Kalian harus mengetahui jenis kulit wajah Kalian, apakah termasuk ke dalam golongan kulit kering, berminyak, berjerawat, kombinasi, atau normal dan sebisa mungkin untuk menghindari pembersih wajah yang mengandung pemutih kulit.

Facial wash yang aman itu tidak akan mengubah fungsi kulit dan tidak mengubah warna. Maksud dari tidak mengubah warna ini berarti facial wash tidak mengandung pemutih kulit yang berbahaya. Perlu diketahui, bila perempuan menggunakan pemutih kulit pada produk perawatan wajahnya, berisiko menimbulkan masalah pada kulit wajah Anda di masa mendatang.

Banyak orang yang menganggap facial wash berfungsi hanya untuk membersihkan wajah. Padahal sebenarnya, facial wash yang aman bisa melembapkan, mengurangi kulit kusam, menutrisi, dan sebaiknya mengandung antioksidan dan zat yang membantu mencerahkan kulit. Kalian perlu memahami jika facial wash yang aman, tidak akan mengubah fungsi kulit, tetapi justru bisa menambah nutrisi kelembapan agar kulit menjadi lebih sehat.

Kalian bisa melihat apakah facial wash tersebut cocok untuk kulit Anda dari berbagai tanda di bawah ini:

  • Bila Kalian memiliki kulit sensitif, maka setelah mencuci wajah dengan facial wash yang Anda pilih, Kalian akan merasakan perih atau gatal
  • Facial wash yang tidak cocok bisa membuat kulit kering
  • Kulit mengelupas
  • Kulit menjadi berwarna kemerah-merahan
  • Muncul banyak komedo
  • Muncul jerawat-jerawat kecil pada wajah
  • Kulit menjadi kering atau berminyak lebih dari biasanya. Bila dalam jangka panjang kondisi tersebut terus terjadi, maka bisa memicu pori-pori
  • tersumbat dan muncul jerawat

2. Cek Bahan Pembuatnya

Ada sebagian orang yang kurang peduli dengan komposisi yang ada di dalam produk kecantikannya, termasuk facial wash. Padahal ini sangat penting, apalagi untuk Anda yang memiliki kulit sensitif atau tidak cocok dengan bahan-bahan tertentu. Contohnya saja, bila Anda adalah pemilik kulit wajah sensitif yang alergi pada alkohol, maka sebaiknya hindari pembersih wajah yang mengandung alkohol. Anda bisa melihat list ingredients di bagian sisi belakang atau bawah produk. 

3. Lihat Review Produk

Saat ini banyak orang yang melihat review produk yang ingin dibeli dari internet. Maka dari itu, ada baiknya Anda melihat review produk facial wash yang hendak Anda beli. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentangproduk tersebut. Di internet Anda bisa mendapatkan berbagai informasi tentang facial wash yang sesuai dengan berbagai jenis kulit.

4. Memiliki Kandungan Moisturizer

Memilih facial wash untuk kulit kering harus memiliki kandungan moisturizer untuk melembapkan wajah. Facial wash dengan moisturizer dapat membproduksi minyak alami pada wajah sehingga kulit wajah terbebas dari rasa kering. Boleh juga memilih facial wash untuk kulit kering yang mengandung essential oils supaya kelembapan wajah tetap terjaga.

5. Facial Wash Tanpa Busa

Facial wash untuk kulit kering sebaiknya yang mengandung sedikit busa atau tidak sama sekali Stylovers. Busa yang ada pada facial wash justru membuat kulit wajah semakin kering dan menonjolkan garis halus di wajah. Formula facial wash untuk kulit kering juga sebaiknya mengandung formula anti alergi, bebas pewangi dan alkohol. Tak hanya menghidrasi kulit wajah, memilih facial wash untuk kulit kering yang tepat juga akan menghindarkan kulit dari iritasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *