Wajib Baca! Ini Tips Sebelum Bikin Brand Kosmetik Anda Sendiri

Bisnis kosmetik saat ini tengah menjadi trend. Pangsa pasar yang tak pernah habis membuat bisnis ini akan selalu hidup. Permintaan kosmetik terus meningkat, baik di kalangan menengah maupun atas. Tak heran jika banyak sekali perusahaan jasa produksi kosmetik yang menawarkan produknya dengan beragam harga. Perusahaan kosmetik ini juga bersaing dengan strategi pemasarannya masing-masing demi semakin dikenal.

Marketresearch.com mengungkapkan bahwa pasar kosmetik AS telah menghasilkan pendapatan mendekati $62 di tahun 2016. Diperkirakan pendapatan ini masih akan meningkat hingga $62 di tahun 2022 nanti. Data ini menunjukkan terbukanya peluang di bidang kosmetik yang dapat memberikan keuntungan.

Industri kosmetik pun tak hanya berkembang di sector kosmetik dan produk saja, namun industri ini juga mulai berkembang dengan menawarkan jasa dengan mendirikan klinik kecantikan, salon, dan makeup.

Dari semua industri, nampaknya industri kosmetik merupakan industry yang paling mudah, sebab Anda tidak memerlukan tempat besar layaknya membuka salon atau klinik. Dengan menjual kosmetik, Anda bisa bikin brand kosmetik sendiri. Loh emang bisa? Bisa sekali, karena saat ini banyak jasa maklon ksometik  yang siap membantu Anda mewujudkan brand Anda sendiri.

6 Tips Untuk Memulai Bisnis Bikin Brand Kosmetik Anda Sendiri

Memahami FDA (Food and Drug Administration)

Sebelum memulai memasarkan kosmetik dengan brand Anda sendiri, ada baiknya Anda memahami peraturan FDA yang memiliki keterkaitan dengan pembuatan dan pelabelan sebuah produk. Anda harus memahami hal ini agar kosmetik yang Anda pasarkan nantinya adalah legal.

Dengan memiliki pengetahuan di bidang ini, maka Anda dapat menghindari kemungkinan terburuk, terutama masalah hukum yang tidak menyenangkan. Anda bisa mendapatkan informasi ini di situs web United State Food and Drug Administration.

Menentukan Lokasi

Untuk awal berbisnis, mungkin Anda bisa saja berjualan dari rumah, namun nanti Anda akan membutuhkan tempat untuk membuat kosmetik Anda dan kantor pemasaran. Tapi, sebenarnya Anda tak perlu cemas karena saat ini telah ada jasa maklon kosmetik yang siap membantu Anda dari proses pembuatan hingga perijinan kosmetiknya.

Memilih Niche

Banyak sekali ragam jenis kosmetik yang dibutuhkan setiap wanita, mulai skincare, makeup, dan peralatan makeup lainnya. Fokuslah kepada produk yang ingin Anda jual. Misalnya saja Anda ingin fokus pada skincare, maka cobalah membuat rangkaian skincare nya, misal serum, toner, krim malam, krim pagi, dan sebagainya.  Untuk awal, cobalah menjual dalam jumlah sedikit dahulu.

Materi Pemasaran

Setelah produk benar-benar siap, cobalah membuat materi pemasarannya, mulai dari brosur, sosial media, dan rencana pengembangan bisnis Anda. Targetkan berapa lama kosmetik Anda akan dikenal nantinya. Jika memiliki budget lebih taka da salahnya membentuk tim untuk saling membantu dan saling support

Memasarkan Produk Secara Online

Semua lini bisnis nampaknya saat ini sudah mulai “go online”. Akan ketinggalan rasanya jika tidak turut serta memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk yang Anda miliki. Mulailah dengan membuat website untuk bisnis Anda. Adanya website membuat produk Anda semakin dipercaya. Pastikan website Anda didesain se ramah mungkin dan semudah mungkin.

Selain website, manfaatkan sosial media yang ada seperti Facebook, Instagram, dan platform lainnya untuk memasarkan produk Anda. Berkreasilah disana. Post produk Anda dan berikan deskripsi produk se detail mungkin.

Mengembangkan Pemasaran

Setelah membuat website dan semua sosial media yang diperlukan, saatnya fokus pada pengembangan pemasaran. Pikirkan strategi untuk mengembangkan website dan sosial media yang Anda miliki. Belajarlah atau minta bantuan teman yang ahli. Jika ada dana lebih, bentuklah sebuah tim.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *